\

Persiapan Reviu Aksi Integrasi Stunting dan Publikasi Hasil Pengukuran Stunting Tahun 2021

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan acara Persiapan Reviu Aksi Integrasi Stunting dan Publikasi Hasil Pengukuran Stunting tahun 2021 pada tanggal 22 Desember 2021 bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kota Tangerang. Acara ini dihadiri oleh perwakilan lintas OPD terkait antara lain Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Ketahanan Pangan,  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika, 13 Kecamatan se-Kota Tangerang, serta 12 Kelurahan dan Puskesmas lokus pencegahan dan penurunan stunting tahun 2021.

Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Sudarto Mangapul, MT. Paparan disampaikan oleh Kepala Bidang Sosial Masyarakat dan Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Hj. Nur Fauziyah Tohir H., SP, MSE, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Hj Indri Bevy, dan Tim INEY Bangda Kementerian Dalam Negeri, Bpk. Imam Almuttaqin.

Dalam acara ini disampaikan progres aksi intervensi yang telah dilakukan di Kota Tangerang mulai dari Aksi 1 sampai aksi 6 yaitu analisis data, rencana kegiatan, rembuk stunting, peraturan kepala daerah, pembinaan kader pembangunan manusia, dan manajemen data. Sementara itu, hasil pendataan stunting tahun 2021 yang diinput ke dalam aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Masyarakat (e-PPGBM) menunjukkan bahwa angka stunting Kota Tangerang pada tahun 2021 sebesar 8,03%, menurun dari sebelumnya pada tahun 2020 sebesar 9,65%.

Pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan sinergitas berbagai pihak sebagai upaya pencegahan dan penurunan stunting untuk mewujudkan generasi Kota Tangerang yang lebih baik.