\

Inovasi Pelayanan Kesehatan di Kota Tangerang Memberikan Manfaat Bagi MAsyarakat

Terus berinovasi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Tangerang. Baik sarana dan prasarana penunjang di dalamnya atau sederet programnya. Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melalui Bidang Kesehatan tercatat memiliki 13 inovasi pelayanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang secara gratis, sesuai kebutuhannya.

Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan hampir disetiap tahunnya, Dinkes menurunkan program pelayanan gratis baru untuk masyarakat Kota Tangerang. Mulai dari program balita, pelajar, ibu hamil, bahkan lansia terus digelontorkan Dinkes, untuk keberlangsungan kesehatan masyarakat Kota Tangerang.

“Dinas Kesehatan Kota Tangerang, akan berupaya terus menghadirkan program pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Tangerang. Dengan program yang ada, diharapkan keberadaannya kian tersampaikan, tersosialisasikan dan terpenting dirasakan secara nyata untuk masyarakat Kota Tangerang. Jadi catat semua programnya, dan manfaatkan sesuai kebutuhan kesehatannya,” kata dr Dini.

1. Cageur Jasa

Colaborasi Kunjungan Rumah Integrasi Keluarga Sehat (Cageur Jasa) merupakan upaya promotive fan preventif secara door to door dengan pendekatan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

2. Smart 119

Merupakan sistem manajemen ambulans rujukan terintegrasi. Kota Tangerang memiliki 11 unit ambulans 119 yang dapat dimanfaatkan masyarakat saat penanganan gawat darurat secara gratis selama 24 jam penuh dengan fasilitas medis yang lengkap.

3. Ambulans Gratis

Layanan ambulan gratis dalam kota bagi warga Kota Tangerang melalui hotline 112 atau 119 atau 021-55-77-135.

4. Sekoper Semangat PHBS

Sistem elektronik penilaian perilaku hidup bersih dan sehat rumah tangga di Kota Tangerang.

5. Iva Test dan Sadanis

Merupakan pelayanan pada pemeriksaan untuk deteksi dini kanker servik dengan Iva Test dan Kanker Payudara dengan Sadanis.

6. Ransel TBC

Merupakan program Gerakan Bersama menuju eliminasi TBC atau ransel TBC untuk mengatasi penyakit TBC.

7. Asrama TBC

Program penanganan penyakit TBC dengan didukung aplikasi skrining mandiri masyarakat tentang TBC, melibatkan 1000 kader Asmara TBC.

8. Emak Idep

Sistem pemantauan kehamilan terintegrasi dan terpadu. Sistem yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan pelayanan Kesehatan ibu hamil dan ibu bersalin secara komprehensif mulai dari hulu hingga ke hilir.

9. Si Ceria

Sistem informasi cek rumah dan lingkungan kita. Kader melakukan kunjungan Kesehatan secara door to door guna mengedukasi dan mendata rumah sehat.

10. Laksa Gurih

Pelayanan pada program Laksa Gurih ialah berupa intervensi terhadap kasus gizi buruk pada anak yang ditermukan sesuai dengan tatalaksana gizi buruk.

11. Yuk Jaim

Yuk, Jadi Remaja Anti Anemia. Sosialisasi, edukasi dan pemberian tamblet tambah darah. 39 puskesmas juga memberntuk dan memiliki kader Yuk Jaim dalam membantu program pencegahan anemia kepada teman-teman sebanyanya di sekolah.

12. Lansia Sumringah

Lansia semua mandiri, bugar dan Bahagia. Merupakan program inovatif yang didedikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan lansia.

13. Si Kasep

Aplikasi sertifikasi keamanan pangan. Merupakan program pelatihan bagi pelaku industry rumah tangga pangan dalam memperoleh sertifikasi terkait pengelolaan pangan di Kota Tangerang.


BERITA LAINNYA

23 Apr 2024 10:00

Pekan Imunisasi Dunia di…

09 Apr 2024 20:07

Selamat Hari Raya Idul…