\

Active Case Finding (ACF) TBC dan Skrining Kesehatan Terpadu Pada Populasi Berisiko

Demi mewujudkan Kota Tangerang bebas Tuberkulosis 2030, Dinas Kesehatan berinovasi melakukan upaya percepatan penemuan kasus aktif di Populasi yang berisiko tinggi. Penemuan kasus aktif diharapkan dapat menjaring kasus dan terdugan TBC sebanyak mungkin sehingga dapat mempercepat pemutusan penularan TBC. Kegiatan ini dilakukan dengan Skrining menggunakan mobile rontgen, dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh dokter/dokter spesialis paru  dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dahak. Selain skrining untuk TBC, dilakukan juga skrining kesehatan lainnya seperti Skrining penyakit tidak menular, dan HIV. 

Untuk hari pertama kegiatan dilakukan di UPT DLH Wilayah Barat dengan melakukan skrining kesehatan kepada 250 penyapu jalanan.

Pemeriksaan Kesehatan dilakukan oleh Puskesmas Jatiuwung, Dokter spesialis Paru (KOPI TBC) dan PT. Telkomedika. 

Kegiatan ini akan berlangsung selama 1 bukan (20 okt - 21 Nov) dg sasaran penyapu jalanan, kenek dan supir truk pengangkut sampah, pemulung, pedagang pasar, warga pesantren dan juga karyawan pabrik. 

Rangkain Kegiatan ACF terpadu mendapatkan dukungan dariDinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketenagakerjaan, Kementrian Agama, Perumda Pasar Kota Tangerang, Koalisi Organisasi Profesi untuk TBC  (KOPI TBC) Kota Tangerang , Puskesmas se Kota Tangerang serta PT. Telkomedika. 

Ayo Wujudkan Kota Tangerang Bebas Tuberkolosis

BERITA LAINNYA

23 Apr 2024 10:00

Pekan Imunisasi Dunia di…

09 Apr 2024 20:07

Selamat Hari Raya Idul…