\

SOSIALISASI PEMERIKSAAN IVA TES DAN SADANI

Di Indonesia, kanker servik merupakan penyebab kematian terbanyak ke-2 akibat kanker, setelah Kanker Payudara. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dan kewaspadaan dini bagi para perempuan usia 30-50 tahun yang sudah menikah dan atau perempuan usia <30 tahun yang sudah aktif secara seksual untuk secara rutin melakukan Deteksi Dini, diantaranya yg sederhana dan cepat diketahui hasilnya adalah dengan melakukan IVA Test dan SADARI/SADANIS.

Dalam Upaya Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Kota Tanggerang, khususnya pengendalian penyakit Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim, Dinas Kesehatan Kota Tanggerang menyelenggarakan kegiatan PERTEMUAN KOORDINASI LINTAS SEKTOR DALAM DETEKSI DINI KANKER SERVIK DAN PAYUDARA DI KOTA TANGGERANG. 

Kegiatan ini dihadiri oleh ibu Ketua TP PKK Kota Tanggerang yang mengajak kepada semua pihak untuk mendukung pelaksanaan pemeriksaan Iva tes ini dan memanfaatkan layanan skrining kanker di Puskesmas. Sedangkan narasumber pertemuan ini adalah Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI DR. Eva Susanti, S.Kp, M.Kes dan Ketua POGI Banten dr. Dhika Prabu Armandhanu, Sp.OG(K), M.Kes

Peserta pertemuan ini terdiri dari FKTS Kota Tanggerang, TP PKK Kota Tanggerang, perwakilan  kecamatan, perwakilan dari korwil SD di 13 Kecamatan, perwakilan tenaga pendidik dari sekolah Dasar di Kota Tanggerang, perwakilan sekolah Tingkat SMP di Kota Tanggerang.


diharapkan dengan terselenggaranya pertemuan ini, para peserta pertemuan dapat menjadi agent of change , untuk bisa mensosialisasikan informasi/ilmu yang didapat kepada keluarga, teman dan lingkungan sekitar kita termasuk di lingkungan kantor masing-masing, untuk dapat segera memeriksakan diri (iva test dan sadanis) di puskesmas dan jejaringnya, dan untuk bapak-bapak agar segera mengajak istrinya untuk melakukan pemeriksaaan iva dan sadanis, dalam upaya deteksi dini untuk mencegah kejadian kanker dg stadium yg lebih lanjut bahkan kematian akibat kanker.