\

Skrining TB dengan X-ray bagi waega binaan Lapas Pemuda IIA Kota Tangerang

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melaksanakan kegiatan Skrining TBC dengan x-ray di lapas pemuda kelas IIA Kota Tangerang(11/3). 

Dalam rangka memperingati Hari Tuberkolosis Se-dunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret, Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengadakan serangkaian kegiatan, mulai dari kampanye pencegahan dan pengendalian penyakit TBC, workshop dan seminar, lomba skrining TBC dan investigasi kontak serta skrining TBC di FKTP Se-Kota Tangerang secara serentak. 

Skrining TBC dengan X-ray yang dikolaborasikan dengan skrining HIV dan penyakit tidak menular dilaksanakan di lapas pemuda hari ini dengan sasaran 1300 orang dari total sasaran  3400 warga binaan di lima lapas di kota tangerang yang telah direncanakan sebelumnya. 

Skrining dilaksanakan bertahap dengan target 150 warga binaan pemasyarakatan per hari menyesuaikan dengan kapasitas x-ray. pemeriksaan terrhadap warga binaan pemasyarakatan ini juga meliputi skrining HIV dan penyakit tidak menular.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Kemenkes RI, Kemenkumhan, Lapas Pemuda Kelas IIA Kota Tangerang serta Tirta Medical Center. 

Skrining yang dilakukan terhadap warga binaan diharapkan dapat menekan kasus penularan, menemukan kontak, dan memutus rantai penyebaran secara dini, serta meningkatkan kesadaran warga binaan terhadap kesehatan.