\

Program Peri Lansia dan Kompak Sumringah Warnai Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Kota Tangerang

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui Bidang Kesehatan Masyarakat menggelar acara Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kota Tangerang secara hybrid yang bertempat di Plaza Pusat Pemerintahan Pusat Kota Tangerang, Senin (19/07).

Hadir sekaligus membuka acara yang dihadiri secara luring oleh 129 peserta lansia dan secara daring oleh 150 peserta lansia dan Kader Posyandu lansia dari seluruh penjuru Kota Tangerang tersebut, Wali Kota Tangerang H. Arief Wismansyah menyampaikan bahwa lansia di Kota Tangerang harus sehat dan bahagia.

"Yang harus kita yakini adalah umur itu adalah perjalanan hidup yang tidak bisa kita hindari, lambat laun seiring bertambahnya usia daya ingat kita mungkin berkurang, fisik juga berkurang tapi semangat kita untuk hidup bahagia tidak boleh ikut berkurang."

"Karena itu supaya bahagia coba rekreasi ke tempat-tempat wisata di Kota Tangerang seperti wisata kano atau coba senam di stadion benteng." imbuh Wali Kota.

Lebih lanjut Arief menyampaikan bahwa salah satu syarat agar para lansia bisa terus bahagia adalah sehat. Karena itu Arief menegaskan bahwa Pemerintah Kota Tangerang akan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Tangerang khususnya kepada para lansia.

"Sekali lagi saya mengajak kepada para senior semuanya yang hadir di sini untuk selalu menjaga kesehatan, jangan malas untuk memeriksakan diri jika dirasa ada yang sakit. Kota Tangerang ini tidak kekurangan rumah sakit, puskesmas juga banyak, klinik pun banyak."

"Selain itu kita juga ada posyandu lansia, puskesmas santun lansia, dan juga aplikasi Kompak Sumringah yang dapat memantau kesehatan baik untuk usia produktif maupun lansia." terang Arief

Dalam acara Puncak Peringatan HLUN tersebut, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga meluncurkan Program Peri Lansia atau Pendamping Resiko Tinggi Lanjut Usia. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraini menjelaskan bahwa program ini bertujuan agar setiap lansia memiliki pendamping yang mampu merawat kesehatan lansia sehari-hari.

"Dinas Kesehatan dan Puskesmas terus mengupayakan agar semua lansia di Kota Tangerang tetap menjadi lansia yang Sumringah, yaitu Semua Mandiri, Bugar dan Bahagia." ucap Dini.