\

Pertemuan Pemetaan dan Analisis Situasi Stunting

Pada tanggal 18 Maret 2022, Dinas Kesehatan Kota Tangerang melaksanakan acara Pertemuan Pemetaan dan Analisis Situasi Stunting, bertempat di Aula F Dinas Kesehatan Kota Tangerang. Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Sudarto Mangapul MT, M.Kes dan dihadiri oleh lintas sektor terkait di Kota Tangerang. Sesuai dengan Keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor KEP 10/M.PPN/HK/02/2021, Kota Tangerang masih menjadi salah satu daerah perluasan lokasi fokus (lokus) stunting pada tahun 2022.

Analisis Situasi bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya perbaikan situasi pelaksanaan program pencegahan dan penurunan stunting sebagai dasar perumusan rekomendasi perencanaan tindakan perbaikan. Selain data stunting, pada pertemuan ini juga dilakukan analisis situasi ketersediaan program/kegiatan dan cakupan, praktik manajemen layanan, dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan intervensi spesifik maupun sensitif yang telah dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Melalui pertemuan ini, didapatkan hasil analisis sebagai gambaran situasi awal sebelum pelaksanaan intervensi pada tahun 2022 ini.  Ke depan, diharapkan seluruh pihak dapat semakin bersinergi dalam setiap tahapan upaya pencegahan dan penurunan stunting di wilayah Kota Tangerang sehingga intervensi yang dilakukan saling bersinergi dan bersifat konvergen untuk mewujudkan generasi Kota Tangerang yang lebih baik.