\

Pembinaan Teknis Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional TOGA (Taman Obat Keluarga) dan Akupressure

Selasa, 27 Agustus 2024 – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) menggelar pembinaan teknis asuhan mandiri kesehatan tradisional TOGA (Taman Obat Keluarga) dan Akupressure yang berlangsung di Aula F Dinkes Kota Tangerang dengan peserta kader kesehatan tradisional se kota Tangerang.

Pembinaan teknis ini diikuti oleh 104  peserta yang mewakili setiap kelurahan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader dalam melayani masyarakat. Pembicara yang dihadirkan antara lain Bapak A.F Pandhu dari direktorat tata kelola kesehatan masyarakat Kemenkes dan dr. Dian Elconora yang mewakili  PERKEWINDO (Perkumpulan Kesehatan Ethno Wellness Indonesia) yang juga merupakan influencer ternama dengan akun instagram @drdianelco. Penyampaian Materi TOGA diiringi dengan praktek langsung pembuatan Minuman Tradisional  Wedang Serbat yang kemudian dibagikan keseluruh peserta dan sangat diminati.

Materi Akupressur menyampaikan peran akupresur dalam pengobatan tradisional dan di lanjutkan dengan praktek langsung penekanan titik titik akupresur yang juga merupakan titik akupunktur. "Saya yang sudah memiliki TOGA dirumah menjadi lebih bertambah ilmunya dan dapat mengajak masyarakat lainnya untuk memasyarakatkan TOGA setelah mengikuti pelatihan ini" ujar Ibu diah dari Kelurahan Alam Jaya.

Dengan adanya pertemuan ini Kader diharapkan bisa mengaplikasikan pengetahuan yang diajarkan untuk diri dan keluarganya serta dapat disebarkan dan dipraktikan kepada masyarakat luas untuk mencapai derajat kesehatan yang Paripurna.